Minggu, 11 Mei 2008

Komedi Bisa Dipelajari

Bisa dibilang, Babi Ngesot Datang Tak Diundang Pulang Tak Berkutang ini satu-satunya bukuku yang mengikuti "jalur". Maksudnya, Babi Ngesot ini dibuat sesuai dengan prosedur yang berlaku pada pembuatan buku komedi.

Mungkin sebagian orang mengira, membuat komedi itu mudah. Tinggal buat cerita lucu, ditulis, jadi deh. Padahal, membuat buku komedi itu nggak kalah serius dengan membuat buku fiksi lho.

Ada peraturan-peraturan khusus yang harus ditaati. Hanya, saat ini tuh kebanyakan orang tahunya komedi itu bersifat spontan. Padahal, komedi itu sebenarnya bisa dipelajari. Ada rumusnya juga. Nah, itulah yang kemudian coba aku terapkan dalam buku ini.

Terbukti, ramuan formula khusus ini sangat manjur. Banyak yang bilang, Babi Ngesot adalah buku terbaik di antara tiga buku yang lain. Sebenarnya, kali ini aku hanya mengubah konsepnya.

Buku terdahulu kental dengan unsur humor slapstick. Sedangkan untuk kali ini, aku lebih menekankan pada permainan pikiran. Jadi, orang sudah bisa tertawa hanya dengan membayangkan.

Tidak ada komentar: